22 April 2021
Home / Stage / Lisensi 007 ke Wanita ?

Lisensi 007 ke Wanita ?

Ketika Daniel Craig secara tegas menyatakan pensiun dari peran sebagai agen Inggris James Bond, spekulasi pun merebak. Mulai dari siapa calon pengganti Craig, sampai kemungkinan sang agen 007 itu bakal diperani seorang wanita.

Dari sekian banyak aktor yang berminat, hanya dua yang dianggap para fans cukup kuat dalam peluang. Dia adalah Henry Cavill, yang dikenal sebagai pemeran Superman dalam DC Universe. Terakhir Cavill berakting sangat impresif sebagai agen rahasia jahat bersama Tom Cruise dalam Mission Impossible: Fall Out.

Kemudian ada aktor Inggris kulit hitam Idris Elba, yang kansnya sempat jadi kontroversi karena mungkin masih sulit diterima sosok James Bond berkulit hitam. Wacana terakhir semakin kontroversial, adalah kemungkinan lisensi 007 diperani seorang wanita.

Adalah aktris Lashana Lynch punya kabar baru untuk para penggemar film James Bond. Pemeran Nomi dalam film No Time to Die tersebut mengklaim karakter yang ia mainkan mewarisi titel sebagai sang agen 007 yang baru dari James Bond.

Sebagai waralaba dengan sejarah panjang dan memang esensi penceritaan di sosok James Bond yang maskulin, sangat sulit menerima agen 007 itu akan digantikan oleh seorang wanita. Apalagi pada masa lalu hingga era Roger Moore, aktris hanya sebagai pemanis dalam film-film Bond.

Peran agen wanita tangguh baru muncul di era Pierce Brosnan, dengan tampilnya Michele Yeoh sebagai agen rahasia China dan Halle Berry sebagai agen CIA. Di era Daniel Craig, barulah Moneypenny yang biasanya hanya petugas admin menjadi agen lapangan yang sangat berperan.

Meskipun demikian tentunya tetap sangat sulit menerima 007 adalah seorang wanita. Hal itu bahkan ditegaskan produser Barbara Broccoli kepada The Guardian bahwa Bond merupakan karakter laki-laki.

“Dia ditulis sebagai laki-laki dan saya pikir dia mungkin akan tetap sebagai laki-laki. Dan itu baik-baik saja. Kami tidak harus mengubah karakter laki-laki menjadi perempuan. Mari kita buat lebih banyak karakter perempuan, dan buat cerita sesuai dengan karakter mereka,” kata Barbara.

Namun bukannya tidak ada yang setuju 007 diperani wanita. Pierce Brosnan yang membintangi karakter agen rahasia Inggris James Bond sejak 1995 hingga 2002 setuju dengan wacana James Bond wanita. Menurutnya, saat ini giliran aktor wanita untuk tampil sebagai Bond.

 “Saya pikir kami telah menyaksikan para lelaki melakukannya selama 40 tahun terakhir, get of the way, guys, tempatkan wanita di sana,” kata Brosnan, saat diwawancara The Hollywood Reporter.

Brosnan mengaku senang bila akhirnya James Bond diperankan oleh seorang perempuan. Jadi, bagaimana menurut Anda? (bp)