22 April 2021
Home / Film / Mengungkap Asal Usul Joker

Mengungkap Asal Usul Joker

Sang peneror itu datang lagi. Joker, yang menjadi musuh bebuyutan Batman kali ini diperani oleh Joaquin Phoenix. Film Joker ini tidak lagi berdasarkan komiknya, tetapi dikembangkan lewat skenario yang terpisah. Dan mengungkapkan asal usul Joker.

Digambarkan dia harus berjuang bertahan hidup di kota Gotham yang seakan selalu menghancurkan jiwa dan semangatnya. Selain itu, ia juga harus merawat ibunya yang sakit. Berbagai persoalan ini membuatnya semakin terpuruk.

Joker yang memiliki nama Arthur Fleck berusaha menjadi badut dan melakukan pertunjukan komedi untuk mencari uang. Dia menyembunyikan rasa sedihnya di balik riasan badut yang tersenyum. Sayangnya, dia selalu mendapat perlakuan buruk dari beberapa penduduk kota Gotham. Entah papan promosinya dirusak atau dia dikeroyok.

Arthur pun kemudian beralih dari komedian ke kehidupan kejahatan dan kekacauan di Gotham City.  “Dulu saya berpikir bahwa hidup saya adalah sebuah tragedi,” kata Arthur dalam trailer film supervillain ini. “Tapi sekarang saya sadar itu komedi.”

Selain Joaquin Phoenix, pemain lain yang ikut membintangi film yang disutradarai oleh Todd Philips ini yaitu Robert De Niro, Zazie Beetz, Bill Camp, Frances Conroy, Brett Cullen, Glenn Fleshler, Douglas Hodge, Marc Maron, dan Josh Pais. Film berdurasi 122 menit ini berada dalam naungan studio produksi Warner Bros.

Sosok Joker sebelumnya pernah diperani dengan akting yang dahsyat oleh Heath Ledger dalam film Batman The Dark Knight. Pendalaman karakter Joker itu seakan menjadi patokan standar tinggi bagi aktor-aktor lain yang hendak memerani Joker. Mampukah Phoenix meraih standar itu ? (BP)