22 April 2021
Home / Tips / Jangan Tunda Beli Rumah, KPR Solusinya

Jangan Tunda Beli Rumah, KPR Solusinya

Pernahkah terlintas untuk segera memiliki rumah idaman? Bagaimana cara agar bisa segera memiliki rumah tersebut? Berapa dana yang harus dipersiapkan ketika akan membeli rumah?

“Semakin ditunda semakin sulit terbeli” , demikian hal yang akan terjadi apabila terus menunda terutama bagi kaum milenial, dengan melihat rata-rata kenaikan penghasilan 10% per tahun. Sementara itu harga rumah mengalami kenaikan yang luar biasa, rata-rata hingga  20% per tahun. Dengan kata lain, terjadi ketimpangan antara penghasilan dan harga rumah itu sendiri.

Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR menjadi solusi terbaik saat ini untuk dapat segera mewujudkan rumah idaman Anda, secara sederhana Anda tidak perlu lama menabung hingga terkumpul uang sedangkan harga rumah juga akan naik.

Bagi Anda yang ingin membeli rumah secara KPR, berikut beberapa tips dalam memilih KPR yang tepat untuk Anda :

Pertama, pastikan harga rumah yang akan anda beli, dan besaran pinjaman yang akan diajukan sebagai Plafon Kredit KPR. Jangan lupa, bahwa dalam membeli rumah Anda harus menyediakan dana sebagai DP. Akan lebih mudah lagi jika Anda membeli rumah dari developer/pengembang yang sudah bekerja sama dengan bank (sebagai contoh Perumahan Graha Padma bekerja sama dengan KPR Bank BCA), tanyakan ke staf marketing untuk besarnya prosentase DP yang harus dibayarkan di awal dan sisanya akan dibiayai melalui KPR.

Kedua, jangan tergiur dengan bunga murah. Pastikan bank yang Anda pilih merupakan bank yang kredibel dan clear. Jangan hanya tergoda memilih bunga dari bank mana yang paling murah, keterbukaan informasilah yang harus diperhatikan sebelum menentukan bank. Mintalah simulasi tabel angsuran KPR, pelajari bunga yang ditawarkan selama masa program, dan bunga saat memasuki masa floating (mengikuti bunga pasar). Tentukan pula tenor pinjaman yang diajukan karena mempengaruhi besarnya cicilan per bulan. Untuk KPR bisa sampai dengan 20 tahun, dengan usia maksimal jatuh tempo kredit adalah 55 tahun untuk karyawan dan 65 tahun untuk wirausaha.

Ketiga, dokumen lengkap akan membantu mempercepat proses KPR. Minta persyaratan dokumen apa saja yang harus disediakan saat pengajuan KPR, dan siapkan dokumen selengkap-lengkapnya, maka proses KPR dapat segera dijalankan. Waktu yang diperlukan umumnya 1-2 minggu, paling lama 1 bulan.

Keempat, biaya KPR yang harus dipersiapkan. Tanyakan biaya-biaya apa saja yang timbul saat pengajuan KPR seperti biaya provisi, administrasi, biaya asuransi jiwa dan kebakaran, biaya notaris dan lain-lain. Jangan tergiur dengan biaya asuransi jiwa yang tampaknya lebih murah, pastikan cakupan pihak asuransi jiwa dalam mengcover kredit Anda sepanjang tenor kredit.

Kelima, jangan ragu untuk bertanya detail mengenai penalti dan denda saat pelunasan kredit dipercepat serta kemudahan dalam proses pelunasan KPR. Sebagai contoh, di Bank BCA apabila memasuki masa floating/bunga pasar (di luar program bunga) maka tanpa penalti, tanpa denda, dan pelunasan dapat dilakukan langsung di hari saat pengajuan pelunasan sebagian/ seluruhnya.

Demikian tips dalam memulai KPR, pastikan Anda mempersiapkan segalanya dengan teliti dan matang sebelum mengajukan KPR . Solusikan impian rumah idaman Anda melalui KPR. KPR BCA siap membantu untuk melayani kredit Anda. Salam sukses selalu.

Mau KPR ? #KPRBCAKUNCINYA #KUNCIBEBASWORRY

(Citra-KPR BCA)