25 October 2021
Home / Film / Kisah Mulan Tanpa Si Naga Cerewet

Kisah Mulan Tanpa Si Naga Cerewet

Film tentang kisah Mulan ini pernah disaksikan dalam bentuk animasinya yang dirilis pada tahun 1998. Film produksi Disney ini termasuk sukses dan menghasilkan 304,3 juta dolar di seluruh dunia.  Dipimpin produksinya oleh Ming-Na Wen. Ia menerima nominasi Oscar untuk skor asli selain dua nominasi Golden Globe untuk musiknya.

Kini Disney siap untuk segera merilis film adaptasi live-action Mulan pada tahun ini. Berbeda dengan pembuatan ulang Aladdin dan The Lion King, Mulan akan menyatukan dua kisah dari film animasi dan balada Cina asli.

Disebutkan pula akan ada beberapa perubahan seperti nama belakang Mulan (Fa dalam film animasi, Hua dalam cerita rakyat asli), penghapusan lagu dan naga pendamping yang cerewet bernama Mushu, dan penambahan lebih banyak karakter wanita (adik perempuan untuk Mulan dan penyihir untuk musuh).

Mulan diperankan oleh Liu Yifei, sementara orang tuanya yaitu Hua Zhou yang diperankan oleh Tzi Ma dan Hua Li yang diperankan oleh Rosalind Chao.

Aktor Donnie Yen akan memerankan karakter baru yaitu Komandan Tung, yang akan menjadi mentor untuk Mulan. Sementara itu karakter Xian Lang yang diperankan oleh Gong Li, digambarkan sebagai penyihir yang sangat kuat.

Film garapan Niki Caro ini berkisah tentang Hua Mulan, putri seorang prajurit terhormat yang mengambil langkah berani untuk menggantikan sang ayah yang sakit.

Ia menyamar sebagai seorang pria yang bernama Hua Jun. Dalam perjalanannya, ia harus menghadapi berbagai rintangan demi membela kehormatan keluarganya. Film Mulan baru ini merupakan bagian dari agenda Disney untuk membuat ulang berbagai film animasi klasik mereka, terutama yang berasal dari masa kejayaan Disney pada tahun 1990-an. Disney sendiri telah memulai membuat ulang film animasi mereka sejak beberapa tahun lalu seperti film Cinderella, Beauty and the Beast, dan Aladdin. (bp)