22 April 2021
Home / Film / Menghidupkan Marilyn Monroe

Menghidupkan Marilyn Monroe

Marilyn Monroe. Nama ini sungguh melegenda di Hollywood. Bukan saja karena film-filmnya yang disukai kaum pria saat itu, tetapi juga karena percintaannya dengan orang nomor satu di Amerika Serikat.

Maka hingga kini pun para sineas seakan tak pernah melupakan sosok wanita yang bernama asli Norma Jean Baker itu. Film tentang Monroe pun berulang kali dibuat, dengan banyak aktris memerankannya.

Di antaranya adalah Michelle Williams yang berakting dalam film My Week with Marilyn Monroe pada tahun 2011. Williams berpendapat, “Marilyn Monroe adalah karakter yang dimainkan oleh Norma Jean”. Untuk perannya itu Williams meraih penghargaan Golden Globe.

Kemudian Kelli Garner yang pada tahun 2015 bermain di miniseri The Secret Life of Marilyn Monroe. Lalu ada Ashley Judd yang bermain pada periode waktu Monroe belum terkenal dalam HBO Original Movie Norma Jean and Marilyn. Sementara Mira Sorvino berperan setelah Monroe menjadi terkenal dalam film yang sama.

Tantangan menghidupkan Marilyn Monroe sekarang ini ada pada Ana de Armas. Mantan pacar aktor Ben Affleck ini berperan dalam film Blonde. Gadis Bond (dalam No Time to Die) ini merasakan sendiri betapa berat mendalami karakter Monroe. “Memerankan Marilyn Monroe bukanlah tugas yang mudah,” tandasnya.

Ana butuh waktu sembilan bulan untuk menguasai karakter suara Marilyn Monroe yang berat. Selama itu dia mendapatkan pelatihan dialek, praktik, dan beberapa sesi lain. “Benar-benar melelahkan, kepalaku seakan terbakar,” tuturnya.

Namun rupanya ada hikmah yang dipetik Ana dari memerani karakter Monroe ini. Ia jadi menyadari posisi wanita di industri film beberapa dekade lalu dan bagaimana mereka harus terus berjuang, bahkan hingga saat ini.

“Aku jadi berpikir soal posisi wanita dalam industri ini secara umum. Tentang bagaimana semua berjalan dari tahun 1930-an, 1940-an, 1950-an, bahkan sampai sekarang. Dan bagaimanapun jika engkau tidak memiliki dasar yang kuat, misal dengan nama keluargamu atau lainnya, bakal berat melalui semua itu,” ucapnya. (bp)