26 May 2024
Home / Inside / Graha Padma Hadirkan Mentha, Hunian Modern Bermezzanine yang Sehat

Graha Padma Hadirkan Mentha, Hunian Modern Bermezzanine yang Sehat

Perumahan Graha Padma menghadirkan rumah type baru, yang diberi nama type Mentha. Nama Mentha berasal dari nama latin tanaman herbal mint. Berdiri di lokasi premium Cluster Lavender, rumah type Mentha ini memiliki lahan sekitar 144 m2.

Hunian ini memiliki sentuhan arsitektur modern elegan yang merupakan impian keluarga kecil dan kaum milenial. Desain terkini dalam bangunan satu lantai ini dilengkapi mezzanine, sehingga mampu menjawab kebutuhan ruang compact, fungsional, trendy, dan dinamis.

Apa saja kelebihan type Mentha ini, berikut wawancara Padmanews dengan Albertus Haryanto (Assistant Director), Tri Wikandari (Tiwi) (Manajer Teknik Perencanaan), Dewi Meirina (Arsitek), dan Dian Ivera (Account Executive)

Albertus Haryanto (Assistant Director)

Albert menjelaskan, konsumen perumahan biasanya melihat pembelian rumah dari sisi harga, sementara dari pihak developer bisa saja membuat rumah dengan harga murah, terjangkau tapi kualitasnya kebanyakan seadanya. Sedangkan yang menentukan bagusnya rumah itu pertama memang harga, kedua, kebutuhan kita itu tercapai atau tidak.

Preferensi setiap orang berbeda-beda. Ada yang suka memasak, ada yang suka menerima tamu, dan ada juga yang tidak. Jika rumah pribadi, design dapat dibangun sesuai keinginan konsumen. Namun, untuk perumahan, hal tersebut agak sulit karena tidak mungkin setiap rumah berbeda.

“Kami berpikir bagaimana menciptakan rumah yang fleksibel dengan menyediakan mezzanine. Mezzanine biasanya dianggap sebagai lantai dua, padahal tidak sama. Lantai dua adalah lantai yang tertutup sepenuhnya, sedangkan mezzanine hanya sebagian,” katanya.

Dengan meningkatkan sebagian bangunan, Secara psikologis ruangan akan terasa lebih luas.,

Ruang tengah di lantai satu didesain lapang, dengan dua kamar di bawah mezzanine. Mezzanine dapat digunakan sebagai ruang kerja, kamar tidur, atau ruang anak.

Desain eksterior rumah ini dibuat sederhana dengan tarikan garis yang elegan. Pilihan warna yang natural diharapkan cocok bagi semua orang.

Selain itu, pintu dan jendela yang banyak juga memungkinkan masuknya cahaya matahari. “Selain desain yang menarik, rumah ini juga sehat. Cahaya dapat masuk, kelembaban terjaga, dan pertumbuhan jamur terhambat,” ujarnya.

Bukaan jendela ini juga membantu sirkulasi udara. Menurutnya, sirkulasi udara dapat terjadi jika ada udara yang masuk dan keluar. Banyak orang yang tidak tahu dan hanya membuka satu sisi saja, sehingga udara tidak berputar. “Itulah mengapa desain Mentha memiliki bukaan penuh di bagian depan dan belakang, sehingga angin dapat mengalir dengan bebas.”

Dian Ivera (Account Executive)

Secara keseluruhan, rumah Mentha menggabungkan fungsi dan desain dengan seimbang. Desainnya tidak berlebihan, tetapi sederhana, sehingga konsumen dapat lebih fokus pada ruang pribadi mereka.

Meskipun bukan tipe rumah yang besar, namun desainnya tetap diperhatikan dengan baik. Kamar-kamar memiliki ukuran yang cukup luas seperti standar kamar tidur. Selain itu, kamar mandi juga cukup besar dengan ukuran 2×3 meter. Sehingga meskipun rumahnya kecil, penghuni akan merasa nyaman di dalam rumah.

Tipe Mentha ini juga merupakan rumah pintar (smart home) dengan fitur pintu utama cerdas yang dapat digunakan dengan sidik jari dan kunci manual. Selain itu, juga dilengkapi dengan CCTV. Secara opsional, dapat ditambahkan saklar smart yang dapat menghidupkan perangkat menggunakan smartphone.

Tipe ini sangat cocok untuk kaum milenial karena fleksibilitasnya. Di Cluster Lavender, semua rumah tipe satu lantai, kecuali tipe Mentha yang memiliki tambahan setengah lantai. Lebar rumah Mentha adalah 8 meter, sedangkan tipe lainnya di cluster ini hanya 6 meter.

Suasana interior tipe Mentha. Terasa lega.
Suasana mezznine tipe Mentha

Menurut Albert, dalam merancang rumah, jika tata letaknya tidak benar, tidak akan nyaman digunakan oleh orang. “Kami selalu memulai dengan denah, bagaimana pengaturan ruang yang paling efektif dan nyaman. Kami juga melihat kecenderungan pelanggan, apa yang mereka anggap paling nyaman.”

Kemudian, desain tampak rumah dibuat sesederhana mungkin. “Kami menghindari desain yang hanya terlihat bagus tetapi kurang nyaman secara fungsional. Oleh karena itu, kami selalu melihat fungsi di dalam rumah terlebih dahulu, baru kemudian merancangnya.”

Jika terlalu memikirkan desain tampak terlebih dahulu, fungsi rumah bisa menjadi sulit. “Misalnya, tembok yang miring bisa terlihat bagus, tetapi ketika digunakan, sulit untuk meletakkan meja atau furnitur,” jelasnya.

Dua Mobil

Dewi dan Tiwi menambahkan, meski rumah dengan lebar 8 meter dan dua kamar, namun disediakan carport untuk dua mobil. Sekarang ini kaum milenial, suami istri biasanya masing-masing punya mobil. “Itu sebabnya kami sediakan dua carport. Dengan begitu tidak parkir di pinggir jalan”, tutur Dewi.

Desain rumah memang tampak berbeda dengan cluster lain, karena Graha Padma ingin menghadirkan desain yang lebih modern. Lokasinya masuk di Cluster Lavender, termasuk dalam lokasi yang prime.

Di rumah tipe Mentha ini, terdapat pintu lipat yang dapat dibuka ke kiri dan kanan di tengah open plan. Di belakang rumah, masih ada lahan kosong sekitar 5,5 meter yang bisa digunakan sebagai taman atau pengembangan lainnya.

Mezzanine dibangun separo supaya ruang tengah yang merupakan void tetap memiliki atap plafon yang tinggi sekitar 7 meter. Di pinggir mezzanine ada pagar besi, sehingga dari lantai satu dengan atas masih berkomunikasi dengan nyaman. “Asyiknya lagi, mezzanine ini nanti juga terhubung dengan balkon di luar yang cukup luas, sehingga bisa taruh kursi untuk duduk-duduk”, ucap Dewi.

Dijelaskan pula bahwa kualitas material sangat bagus, kusen memakai aluminium, keramik 50×50 cutting, dan sanitair closet memakai Amstad.

Meskipun di cluster dengan tipe rumah S-M, tapi lingkungan dengan ROW 12 ini membuat kesan jalan lebar dan lingkungan lebih nyaman. Jarak antar depan rumah jadi lebih lega.

Tri Wikandari
(Manajer Teknik Perencanaan)

Menurut Tiwi, tipe Mentha kali ini dibuat tidak mirror, carport tidak bersebelahan dengan carport tetangga. Jadi posisinya lebih utuh kanan kiri batasannya dengan milik tetangga.

Marketing Mentha

Dian menjelaskan, tim marketing sudah mempromosikan type Mentha ini dengan berbagai sarana promosi dan juga open house. Ketika pameran perumahan di Mall Paragon, desain Mentha ini ternyata disukai oleh konsumen.

Penawaran rumah ini dengan cara inden. Harga perdana ditawarkan Rp 2,1 miliar, namun jika ada kenaikan maka harga tentu akan berubah.

 “Enaknya harga perdana itu, uang muka 30 persen bisa diangsur 6 bulan. Namun yang hendak cash satu bulan juga bisa. Fasilitas KPR juga ada, karena Graha Padma bekerja sama dengan banyak bank besar, seperti BCA, CIMB Niaga, Permata. Dengan Mandiri, BRI, dan Danamon sedang diproses kerja sama untuk KPR itu”.

Dewi Meirina (Arsitek)

Jika pembangunan satu unit rumah Mentha ini sudah jadi sebagai rumah contoh, tim marketing akan membuka lagi open house di lokasi. Pembelian rumah ini nantinya mendapatkan promo saat ini yakni fasilitas free kanopi, CCTV, dan smart door lock. (BP)